Senin, 09 Mei 2011

TUGAS BAHASA INDONESIA 2 (LAPORAN KEGIATAN)

Nama Kegiatan : Seminar IP-TV Turn On Your Television with Networking(Telkom Indonesia)

Pembicara : Erry Rahmawan (senior service creation PT.Telkom)

Pelaksanaan Kegiatan :

Hari/Tanggal : Sabtu/09 April 2011
Waktu : 08.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Auditorium Kampus J 167 Universitas Gunadarma

Seminar IPTV ini diselenggarakan oleh BEM Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma. Televisi Internet Protocol (IPTV) adalah suatu sistem di mana televisi internet jasa diberikan dengan menggunakan metode dan jaringan arsitektur Internet Protocol Suite melalui paket-switched infrastruktur jaringan, misalnya, internet dan broadband jaringan akses Internet, bukannya disampaikan melalui tradisional frekuensi radio siaran, satelit sinyal, dan televisi kabel (CATV) format.

Pada Senin (28/2/2011) lalu, PT Telkom Indonesia meluncurkan produk terbarunya, IPTV Internet Protocol Television). Produk ini merupakan layanan televisi berbasis koneksi internet yang memiliki resolusi tinggi dan interaktif. Pengguna bisa memilih konten yang diinginkan, menyaksikan siaran yang telah lewat dan menyimpannya.

Salah satu fitur interaktif yang paling unik ialah TV push message service. Fitur tersebut digelar pada jaringan private dengan end user terminal berupa televisi. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa terhubung satu sama lain dengan mengirimkan pesan antar pelanggan IPTV.

IPTV bukan cuma konten televisi yang didistribusikan lewat internet, tetapi merupakan sinergi antara kekuatan interaksi internet dan web dengan kekuatan media televisi. Ia berharap layanan ini bisa memenuhi keinginan masyarakat. IPTV berbeda dengan layanan TV berbayar lainnya. IPTV punya fasilitas entertainment yang lebih bagus, ada game, bisa karaoke dan menyaksikan tayangan yang sudah lewat. Kalau layanan TV berbayar lain kan pasif, kalau IPTV ini interaktif.

Layanan IPTV secara umum meliputi broadcast televisi dan video di atas akses internet dan interaksi multimedia dengan kecepatan true broadband seperti game, shopping, dan advertising. Selain itu juga ada layanan content on demand yang termasuk TV on demmand, video on demmand, music on demmand, dan karaoke on demmand.

Layanan bisa disaksikan dengan perangkat televisi, komputer, notebook, dan smartphone. Untuk tayangan live serta video on demmand, IPTV mendukung standard definition (SDTV) serta High Definition (HDTV). Video on demmand sendiri bisa dikontrol seperti layaknya menonton DVD.

IPTV akan memanfaatkan jaringan kabel yang sama dengan Speedy dan telepon. Layanan ini adalah cara untuk mengangkat kembali potensi jaringan kabel kala penggunaan oleh masyarakat menurun.

Sumber :
http://tekno.kompas.com/read/2011/02/28/1545066/Telkom.Luncurkan.Layanan.IPTV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar