Selasa, 04 Januari 2011

Tugas Bahasa Indonesia (Paragraf Deduktif)


(1) Sistem Informasi merupakan salah satu jurusan yang terdapat hampir di semua Perguruan Tinggi dan memiliki prospek masa depan yang menjanjikan. (2) Alasan itulah yang menjadikan saya memilih jurusan tersebut untuk meneruskan pendidikan di Universitas Gunadarma. (3) Sistem Informasi (SI) merupakan salah satu jurusan yang berada di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, selain Jurusan Sistem Komputer (SK). (4) Titik berat untuk Jurusan Sistem Informasi adalah penguasaan software (analisis, perancangan, dan aplikasinya), dan untuk Jurusan Sistem Komputer adalah penguasaan hardware (perancangan dan aplikasinya). (5) Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mahasiswa Sistem Informasi dapat menguasai hardware seperti mahasiswa Sistem Komputer. (6) Sehubungan dengan itu, semua bergantung pada kemauan serta keinginan keras untuk terus belajar dari diri mahasiswa itu sendiri. (7) Di zaman sekarang, dimana kemajuan teknologi sudah berkembang dan mengalami kemajuan yang sangat pesat maka tidak dapat dipungkiri bahwa mahasiswa Sistem Informasi akan banyak dicari oleh perusahaan yang berkecimpung pada bidang yang sama (barbasis komputer, contohnya perusahaan IT). (8) Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita sebagai mahasiswa yang berada di jurusan ini mulai meningkatkan kualitas diri agar menjadi lulusan Sarjana Komputer (Skom) yang memiliki kemampuan individu yang terbaik sehingga dapat dengan mudah diterima untuk bekerja di perusahaan. (9) Dengan demikian, mahasiswa Sistem Informasi yang telah lulus akan mendapatkan gelar Sarjana Komputer. (10) Peluang kerja yang sesuai dengan kompetensi lulusan jurusan Sistem Informasi adalah Manajer departemen IT / Data Processing di institusi Perbankan Pemerintah maupun Swasta dan di Perusahaan Pertambangan, Manajer pada Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Programmer untuk berbagai aplikasi perkantoran, basis data, web-based information system, dan bidang lainnya, Database Administrator, Opertor Computer Devices dan Computer Application, serta usahawan di bidang IT, seperti IT Consultant dan Software House.

Keterangan :

Paragraf di atas termasuk paragraf dengan pola pengembangan deduktif karena ide pokoknya terdapat pada kalimat pertama, yaitu tentang Sistem informasi. Kalimat-kalimat selanjutnya, yaitu kalimat (2) sampai dengan kalimat (10), merupakan kalimat penjelas. Karena semua kalimat dalam paragraf di atas mendukung satu topik, maka paragraf di atas memenuhi syarat keutuhan (unity).

Kepaduan paragraf dapat di lakukan dengan cara :

1. Mengulang kata kunci (KK).

Sistem Informasi : diulang 8 kali, yaitu pada kalimat (1), (3), (4),(5),(7), (9) dan (10).
Jurusan : diulang 8 kali, yaitu pada kalimat (1), (2), (3), (4), (8) dan (10).
Mahasiswa : diulang 6 kali, yaitu pada kalimat (5), (6), (7), (8), dan (9).

2. Menggunakan kata ganti (kata ganti orang/kata ganti lain).


a) Kalimat 2 : Alasan itulah yang menjadikan saya memilih jurusan tersebut untuk meneruskan pendidikan di Universitas Gunadarma.

Keterangan :

jurusan tersebut : untuk menggantikan ” Jurusan Sistem Informasi”.

b) Kalimat 8 : Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita sebagai mahasiswa yang berada di jurusan ini mulai meningkatkan kualitas diri agar menjadi lulusan Sarjana Komputer (Skom) yang memiliki kemampuan individu yang terbaik sehingga dapat dengan mudah diterima untuk bekerja di perusahaan.

Keterangan :


mahasiswa yang berada di jurusan ini : untuk menggantikan “mahasiswa Sistem Informasi”.

3. Penggunaan kata transisi (KT) / ungkapan pengait paragraf.

Kata transisi yang di gunakan adalah : sehubungan dengan itu, maka, oleh karena itu, jika, dengan demikian.

Karena kalimat-kalimat pada paragraf di atas menggunakan pengulangan kata kunci, kata ganti, dan kata transisi secara bervariasi, paragraf tersebut memenuhi syarat kepaduan (koherensi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar